Geliat Pembangunan Desa Ciandum Buah Manis Sinergitas Pemdes Dan Warga

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Melalui anggaran Dana Desa (DD) tahap I tahun 2024, mengalokasi anggaran tersebut untuk pembangun jalan  usaha tani, pembangunan posyandu,  pembukaan jalan baru serta pengecoran jalan sepanjang 289 meter.

Seperti disampaikan Kepala Desa Ciandum, Rhomlan, dalam pelaksanaan pembangunan ini tentu dengan pemberdayan masyarakat secara padat karya.

Sesuai perencanaan awal dan hasil kesepakatan dalam musyawarah desa pemdes dan semua lembaga yang ada di Desa Ciandum, DD tahap pertama tahun ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) dengan tujuan membantu para petani dalam menunjang percepatan perekonomian masyarakat.

Rhomlan mengaku bersukur karena proses pelaksanaan pembangunan berjalan lancar tanpa adanya rintangan ataupun permasalahan saat pengerjaannya, karena sebelum pelaksanaan dilakukan musyawarah bersama dengan masyarakat terutama masyarakat yang ada disekitar lokasi JUT.

"Dengan melibatkan masyarakat setempat, Alhamdulillah semuanya lancar," ungkap Rhomli, kepada PNews di ruang kerjanya.(29/05)

Selain Pembangunan JUT, kata Rhomli, DD tahun juga dialokasikan untuk pembangunan posyandu.

Ia menambahkan, dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat desa khususnya dalam bidang pertanian tentunya harus ada faktor penunjang yang memadai, salah satunya pembangunan akses jalan yang dapat menyentuh langsung ke lahan pertanian sehingga memudahkan para petani dalam mengakomodasi hasil pertanian dengan biaya transportasi yang lebih ringan.

Pada awalnya sebagian jalan tersebut kondisinya sempit dan buntu, namun setelah melalui musyawarah desa dan berdasarkan kebutuhan kini jalan tersebut dibuka dan di sedikit perlebar.

"Sehingga sekarang jalan untuk menuju ke area pertanian pun lebih mudah dan diharapkan ekonomi masyarakat bidang pertanian bisa lebih meningkat," imbuhnya.

Warga pun menyambut senang karena selain bagus kondisi Jalan Usaha Tani yang semula rusak dan becek saat musim penghujan, kini sudah bagus dan sedikit lebar.

Menurut salah seorang warga, kini masyarakat pun bisa lebih nyaman saat mengangkut hasil pertaniannya dari sawah atau kebun mereka.

"Ini berkat sinergitas pemerintah desa, BPD, LPM dan peran serta tokoh masyarakat," ungkapnya.

Sementara menurut Ketua BPD Ciandum Charli Suharli, ia mengaku bersyukur dan bangga atas kepimpinan Kepala Desa sekarang, karena setiap ada pembangunan selalu musyawarah bersama tokoh masyarakat dan lembaga yang ada di desa seperti BPD dan LPM.

"Alhamdulillah pembangunan di Desa Ciamdum berjalan lancar dan BPD selalu bersinergi," ucapnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 6005177531311781825

Posting Komentar

emo-but-icon

item