Peringati Milangakala ke 53, Desa Cikupa Gelar Sejumlah Lomba Dan UMKM


PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS
- Dalam rangka   Milangkala Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya yang Ke-53 di tahun 2024 ini, selain dilaksanakan sejumlah perlombaan juga dimeriahkan dengan pentas seni budaya, bazar UMKM, olahraga, jalan santai dan pembagian doorprize untuk warga. (25/05)

Kegiatan yang dilaksanakan di lapang sepakbola milik desa ini bertujuan untuk mengingat pejuang para sesepuh Desa Cikupa, seperti yang disampaikan dalam peribahasa sunda, "Niti wanci anu mustari mieling kalemah cai".

Seperti disampaikan Kepala Desa Cikupa, Yudha Heryadhi, masyarakat harus paham dan mengetahui lahirnya Desa Cikupa, desa ini punya siapa, oleh siapa dan untuk siapa.

"Intinya warga harus ikut menyayangi serta ngamumule desanya sendiri," ungkap Yudha.

Ia mengatakan, pemdes sengaja mengadakan kegiatan milangakala Desa Cikupa Ke-53 ini agar masyarakat selalu mengingat perjuangan para pendahulu yang ada di Desa Cikupa. Begitu pula dengan budaya yang sudah ada sejak dahulu, karena tanpa ada dukungan dari masyarakat  untuk saling bahu membahu mendukung program yang ada di desa tentu Pemdes pun tidak bisa bekerja sempurna.

Yudha juga berharap semu bersama-sama saling mencintai dan saling memiliki untuk meningkatkan kedekatan antara Pemerintah Desa Cikupa dengan masyarakat.

"Kita terus pererat silaturahmi, salah satunya melalui kegiatan milangkala ini, dan kebetulan sudah hampir 50 tahun belum pernah dilaksanakan," ujarnya.

Dan untuk rencana kedepannya, kata Yudha, kegiatan milangkala ini akan menjadi agenda tahunan Pemdes Cikupa dengan anggaran dan persiapan lainnya.

Yudha menambahkan, seharusnya acara milangkala ini dilaksanakan pada bulan april lalu tiap tanggal 21 sesuai dengan lahirnya Desa Cikupa, namun karena waktu tersebut berbarengan dengan Hari Raya Idul Fitri maka waktu kegiatan pun digeser.

"Tanggal lahir Desa Cikupa sendiri tepatnya tanggal 21 April 1971," terangnya.

Sementara saat diminta komentarnya secara T
terpisah, Camat Karangnunggal Agus Sutisna, S.Sos., menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan milangakala Desa Cikupa yang Ke-53 ini.

Menurutnya, ini merupakan sebuah momen yang sangat penting untuk memotivasi masyarakat agar lebih giat lagi dalam mendukung program pembangunan di Desa Cikupa, sehingga dengan momen ini mudah-mudahan ini menjadi motivasi tersendiri terkait dengan terciptanya Desa Cikupa yang sejahtera.

"Dengan sisa waktu 2 tahun lagi jabatan kades ini diharapkan bisa mewujudkan serta menuntaskan program-program desa yang sudah tertuang dalam dokumen perencanaan desa," tegasnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 7756727882806971650

Posting Komentar

emo-but-icon

item