Belum Punya Tempat Penyimpanan, Sejumlah Temuan Arkeologi Di Pangandaran Belum Tertata

PANGANDARANNEWS.COM - Sudah Banyak yang diperkirakan fosil dan artefak ditemukan di sejumlah wilayah di Kabupaten Pangandaran, namun saat ini Pemkab Pangandaran sehingga penemuan arkeologi tersebut belum bisa disimpan dengan baik.

Seperti Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Sugeng Yudistira, saat ini sebagia temuan arkeologi atau fosil atau artefak ini untuk sementara disimpang di kantor Disparbud.

"Yang disimpan disini merupakan fosil dan artefak tulang manusia purba dan juga gerabah," terang Sugeng kepada PNews di kantornya.(03/07)

Sugeng menyebut, saat ini masih ada beberapa temuan arkeologi yang belum diambil dari lokasi penemuannya, seperti batu meja di Desa Babakan Pangandaran, batu gimbal di Kecamatan dan yang terbaru penemuan fosil Gastropoda (siput) purba di Kecamatan Cimerak.

"Lokasi yang diperkirakan banyak ditemukan fosil ada di Desa Selasari Kecamatan Parigi yang ada di gua Sutraregregan," katanya.

Sugeng berharap pihaknya segera mempunyai tempat atau gedung khusus untuk menyimpan beberapa temuan arkeologi ini, sehingga temuan yang bernilai sejarah ini bisa terdata dan tersimpan aman. 

"Selain menjadi koleksi arkeologi, temuan fosil dan artefak ini juga kan bisa untuk wisata edukasi," imbuhnya.(hiek)

Related

budaya 6004164988435726141

Posting Komentar

emo-but-icon

item