Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Hegarwangi Adakan Pelatihan Perangkat Desa

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Untuk memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan desa serta program kegiatan, Pemdes Hegarwangi Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan kegiatan dan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa yang diselenggarakan pada tanggal di aula desa. (12/06)

Saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kepala Desa Hegarwangi Muhammad Taufan Firmansyah menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan desa, khususnya perangkat Desa Hegarwangi agar sasaran pembangunan pun bisa lebih terarah.

Tak hanya itu, kata Taufan, kegiatan pelatihan ini juga agar pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa demi terwujudnya pembangunan yang ada di desa yang pengelolaannya melibatkan segenap aparatur negara baik ditingkat pusat maupun di tingkat daerah hingga di tingkat pemerintah yang paling terendah yaitu desa.

"Ini mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh," ungkapnya.

Ia berharap pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur desa dengan mengacu pada aturan yang ada.

Taufan menyebut, pelatihan yang dilaksanakan ini diantaranya bidang menejemen pemerintahan desa, penyusunan perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan dan aset desa untuk mengelola anggaran yang ada di desa bisa efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

"Juga pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah kecamatan dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat," imbuhnya. (anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 7055617816800953797

Posting Komentar

emo-but-icon

item