Kepala SMPN 1 Cisaga, MPLS Merupakan Pengenalan Siswa Pada Lingkungan Sekolah

PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Seperti disampaikan Kepala SMP Negeri 1 Cisaga Kabupaten Ciamis,
Ujang Solihat S.Pd, mengawali Tahun Pelajaran Baru 2024-2025 di SMPN 1 Cisaga diawali dengan kegiatan  MPLS yang dilaksanakan mulai dari Tanggal 15 Juli 2024, dengan mengambil tema “Bangga dan Bergembira Bersekolah Untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”.

Ujang Solihat mengatakan, materi yang ada dalam kegiatan MPLS diantaranya dengan mengenalkan visi dan misi sekolah, pengenalan kurikulum merdeka belajar serta
kiat-kiat belajar efektif,
tata tertib yang harus dijalani para peserta didik, profil pelajaran pancasila,
pembinaan mental dan agama di sekolah.

Selain itu, imbuhnya, juga menerapkan pendidikan karakter, pengenalan lingkungan, budaya hidup bersih serta pemaparan terkait  bahaya penyalahgunaan narkoba, menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

"Dan kami juga kami tegaskan agar stop bullying," ucapnya.(15/07)

Ia menjelaskan, pada tahun pelajaran baru 2024 ini di SMPN 1 Cisaga yang melakukan daftar ulang sebanyak 351 siswa serta mengikuti kegiatan MPLS  sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan.

Dengan kegiatan MPLS ini ia berharap para siswa bisa mengenal situasi lingkungan sekolah baru mereka, sehingga nantinya siswa bisa beradaptasi dan mengikuti cara belajar di sekolah yang baru.

"Karena bagaimanapun pasti ada perbedaan antara belajar di SD dengan belajar di SMP, terutama mungkin dari jumlah teman yang semakin banyak," imbuhnya.

Pada kegiatan MPLS ini, pihaknya juga mengundang anggota Koramil dan Kapolsek Cisaga untuk menyampaikan materi-materi terkait kenakalan remaja, bahaya narkoba dan yang lainnya sesuai dengan peran TNI-Polri.

"Dan kami juga tidak lupa menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan seluruh orang tua siswa, mudah-mudahan kami bisa melaksanakan amanat untuk mencerdaskan anak-anaknya," ujarnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 4513579341167870665

Posting Komentar

emo-but-icon

item