Ribuan Masyarakat dan Nelayan Pesisir Pangandaran Rayakan Hajat Laut

PANGANDARANNEWS.COM - Bertempat di kawasan pantai barat, ratusan nelayan dan masyarakat lainnya diq Kabupaten Pangandaran siang tadi membanjiri pantai untuk bersama-sama mengikuti hajat laut yang biasa dilaksanakan setiap awal tahun baru islam 1446 Hijrah.(12/07)

Kegiatan hajat laut atau sukuran nelayan yang dihadiri Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Ketua Federasi Olahraga Keresai Budaya Indonesia (FOKBI) Kabupaten Pangandaran, Hj. Ida Farida dan  tamu undangan lainnya ini, sudah menjadi tradisi sejak lama di pesisir Pangandaran, dan rutin dilaksanakan setiap tahun 

Dalam sambutannya wabup menyampaikan, hajat laut ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur khususnya masyarakat nelayan pesisir pantai terhadap nikmat yang Allah SWT berikan.

Seperti diketahui, syukuran ini diisi sejumlahrangkaian acara seperti doa bersama, makan bersama dan acara lain seperti larung ke tengah laut.

"Rangkaian Ini merupakan kearifan lokal yang sarat dengan nilai - nilai budaya lokal yang baik," ucapnya wabup.

Ia mengatakan, tradisi hajat laut ini jika dilihat dari segi kacamata pariwisata tentu akan mampu menjadi daya tarik wisata yang bisa dijadikan kalender pariwisata sehingga menjadi salah satu daya tarik wisatawan  datang ke Pangandaran.

Namun, kata wabup, makna budaya hajat laut ini tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama dan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai akidah, karena ini memang hanya kegiatan budaya saja.

"Kita semua memaknai tradisi ini agar bisa memiliki nilai positif, karena larung itu  merupakan budaya hasil olah pikir manusia yang dilakukan secara terus-menerus," terangnya.

Sementara menurut Ketua Federasi Olahraga Keresai Budaya Indonesia (FOKBI) Kabupaten Pangandaran, Hj. Ida Farida, hajat laut ini menjadi tradisi tahunan yang memang sudah melekat di masyarakat nelayan Pangandaran.

"Kita harus menapresiasi ini dan setiap tahun harus tetap ada," ungkapnya.(hiek)

Related

berita 3395064511292033045

Posting Komentar

emo-but-icon

item