Serentak, Sekolah Di Lingkup Satuan Pendidikan Cibalong Laksanakan MPLS

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selain merupakan periode penting bagi siswa baru agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah serta membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru.

Namun untuk mencapai tujuan ini, penting bagi sekolah untuk memastikan bahwa MPLS dilaksanakan dengan cara yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak karena transisi dari PAUD ke Sekolah Dasar menjadi masa yang penting bagi anak-anak.

Demikian disampaikan Ketua K3S Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, Maman, SPd, MPd, saat diwawancara PNews terkait kegiatan MPLS yang dilaksanakan satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Cibalong.

Para siswa ini, kata Maman akan masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi sekaligus masuk pada lingkungan baru, sehingga pihak sekolah pun perlu menyiapkan agar masa MPLS peserta didik baru yang secara psikologis juga memasuki jenjang sekolah dengan struktur pembelajaran yang berbeda.

"Keterlibatan orang tua siswa dalam masa MPLS ini juga sangat penting untuk kesuksesan adaptasi anak," ungkapnya.(17/07)

Kegiatan MPLS penting untuk memahami tujuan utamanya bukan hanya sekadar orientasi, tetapi menurutnya, momen ini juga penting untuk membangun fondasi yang kuat bagi siswa baru.

Ia menjelaskan, tujuan utama MPLS adalah untuk membantu siswa mengenal lingkungan sekolah, membiasakan diri dengan jadwal dan kegiatan sekolah, serta mengenal guru dan staf.

Selain itu, imbuh Maman, MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan. Adaptasi ketrampilan sosial sangat prioritas bagi transisi anak dari PAUD ke SD.
kunci untuk MPLS dari guru, staf, dan siswa lama/kelas atas yang terlatih untuk membimbing siswa baru khususnya untuk menemani masa transisi.

Dan langkah pertama dalam perencanaan adalah kegiatan yang jelas dan terstruktur, sehingga menurut Maman, kegiatan ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga nantinya bisa memberikan nilai-nilai edukasi bagi murid.

"Dan alhamdulillah sampai hari ini semua SD yang ada di Kecamatan Cikalong melaksanakan MPLS, lalu sebagai laporan kami pun mebagikan vidio-vidio kegiatan ini di lingkup satuan pendidikan Kecamatan Cibalong," kata Maman. (anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 3729284276295910622

Posting Komentar

emo-but-icon

item