Untuk Penataan Parkir Di OW Pangandaran, Kadishub Sebut Mulai Bulan Ini Saber Pungli Akan Turun Ke Lapangan

PANGANDARANNEWS.COM - Masih banyaknya keluhan dari beberapa wisatawan terkait duplikasi retribusi parkir di obyek wisata (OW) Pangandaran, tentu hal ini harus jadi catatan Pemerintah Daerah (pemda) untuk terus berbenah agar selain bisa dikelola dengan lebih juga bisa meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor parkir.

Tidak sedikit wisatawan yang mengeluhkan masalah parkir ini di akun media sosial (medsos), yang intinya pengunjung merasa terbebani dengan tidak cukup hanya sekali saja membayar retribusi parkir.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran, Irwansyah menyampaikan, saat ini pengelolaan parkir di OW pantai Pangandaran sudah dialihkelolakan ke pihak ketiga. Sehingga sekarang pemda dalam hal ini Dinas Perhubungan hanya menjalankan fungsi pemantauan dan pengawasan, agar pihak ketiga (vendor) tidak keluar apa yang disepakati bersama.

Menurut Irwansyah paling tidak ada dua keuntungan setelah parkir ini dikelola vendor, salah satunya pemda tidak usah menganggarkan lagi untuk kebutuhan kelengkapan sarana karena hal ini sudah menjadi tanggungjawab vendor.

"Dari sisi PAD juga ada peningkatan, yang tadinya mendapat Rp2 milyar sekarang meningkat menjadi Rp2,3 milyar," terang Irwansyah.(02/07)

Disoal masih banyaknya keluhan pengunjung, ia menjelaskan, sebenarnya beberapa waktu lalu sudah ada moment bagus saat seluruh elemen seperti TNI, Polri, vendor, perwakilan masyarakat dan stake holder lainnya duduk bersama untuk membahas persoalan ini. Namun sayang moment tersebut dimanfaatkan untuk mencari solusi terbaik, karena saat itu banyak yang meninggalkan rungan sebelum acara dimulai.

Irwansyah juga mengatakan petugas yang pekerjakan vendor ini sebagian besar berasal dari warga di sekitar masing-masing titik parkir, dan ini bertujuan untuk memberi kesempatan warga.

Sebenarnya di lapangan petugas parkir tersebut bisa saja menerima jasa dari wisatawan, dengan catatan tidak meminta apalagi memaksa.

"Artinya selain mendapat gaji dari vendor petugas pun bisa menerima jasa langsung dari pengunjung, asal jangan minta saja," ucap Irwansyah.

Ia juga membenarkan saat ini urusan parkir sering dikeluhkan beberapa pengunjung, namun hal ini secara bertahap akan diperbaiki. Salah satunya akan berkordinasi dengan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (saber pungli), karena jika memang dalam retribusi parkir ini terdapat oknum yang melakukan pungli maka segera akan ditindak. Dan hal ini memang sudah dilaporkan oleh pihak vendor ke saber pungli, sehingga nantinya yang akan turun ke lapangan memantau hal ini tentu langsung oleh saber pungli.

"Dari informasi yang saya dapat, kemungkinan bulan ini saber pungli akan mulai turun ke lapangan," kata Irwansyah.(hiek)

Related

berita 8506521601690119810

Posting Komentar

emo-but-icon

item