Banyak Destinasi Yang Bisa Dikunjungi, Jadi Salah Satu Daya Tarik Wisata Pangandaran

PANGANDARANNEWS.COM - Tak hanya wisata pantai saja yang diburu wisatawan yang datang, namun sejumlah destinasi (tujuan) wisata lainnya yang ada di Kabupaten Pangandaran kini sudah dikenal dan menjadi tujuan pengunjung.

Selain wisata pantai Karapyak di Kecamatan Kalipucang, Tanjung Cemara di Desa Sukaresik Kecamatan Sukaresik, pantai Batuhiu di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, pantai Bojongsalawe Kecamatan Parigi, pantai Batukaras Kecamatan Cijulang hingga pantai paling barat pantai Madasari di Kecamatan Cimerak, ada juga wisata lainnya selain wisata laut. Sebut saja, obyek wisata Citumang di Desa Bojong Kecamatan Parigi, Green Canyon di Kecamatan Cijulang, Santirah di Desa Selasari Kecamatan Parigi, Sungai Ciwayang di perbatasan Kecamatan Cigugur-Parigi dan masih banyak lagi obyek wisata lainnya.

Banyaknya destinasi wisata ini tentu menjadi pilihan wisatawan yang datang ke Pangandaran, bahkan tren wisata kuliner pun kini sudah menjadi buruan para penikmat makanan berbahan baku sea food.

Spot-spot pusat jajanan cemilan  dengan olahan hasil laut pun banyak tersaji di kios-kios yang ada di kawasan pantai timur, tepatnya di sekitar Tepat Pelelangan Ikan (TPI) dan tempat lainnya.

Menurut salah seorang warga Desa Pananjung, Yanyan Hendrayana, sekarang sudah saatnya daerah atau desa-desa di Kabupaten Pangandaran yang mempunyai potensi wisata   lebih dikembangkan, karena dengan infrastruktur yang ada ini dimungkinkan potensi wisata tersebut bisa lebih dieksplore.

Dimulai oleh pemerintahan desa dengan melibatkan warga, kata Yanyan, lokasi wisata itu bisa dikemas dengan tetap mempertahankan ciri khas dan kearifan lokal yang ada di masing-masing desa.

"Saya berharap khasanah pariwisata di Pangandaran semakin kaya dan bisa layak jual," ungkapnya.(30/08/24)

Ia menambahkan, Pemkab Pangandaran bisa membantu dengan ikut mempromosikan obyek wisata yang ada di desa ini, sehingga ada sinergitas yang khusus mengurus pariwisata baik di tingkat desa hingga ke pemerintah daerah.

Jika sudah demikian, pada ujungnya m pemberdayaan warga pun akan tercipta baik para pemuda yang menjual jasa menjadi pemandu, ibu-ibu dengan olahan makanan produksi rumahan dan potensi lainnya untuk mendukung keberadaan obyek wisata yang ada di desa.

"Saya membayangkan ke depan, trent wisata pedesaan ini akan menjadi tujuan utama wisatawan di Pangandaran," ucapnya.

Yanyan mengaku, selama ini memang yang menjadi andalan Pangandaran ini wisata pantai. Padahal jika dikemas dengan baik, bukan tidak mungkin ada harmonisasi antara wisata pantai, sungai, wisata minat khusus dan varian wisata lainnya dengan dimulai dari desa.(hiek)

Related

Wisata 2325873511234492089

Posting Komentar

emo-but-icon

item