Tingkatkan Kecintaan Pada Bahasa Daerah, Lingkup Pendidikan Cikatomas Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Andi Suhandi,SPd
PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Lingkup pendidikan Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasimalaya menggelar Festival  Tunas Bahasa Ibu yang digelar sekitar satu bulan, festival ini telah menjadi tonggak utama dalam memperingati keberagaman bahasa dan budaya melalui beragam lomba mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Sunda khusus dalam Fashion Show Busana Nusantara.

Seperti disampaikan Guru pembina siswa, Andi Suhandi SPd,
kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata namun juga menjadi wadah ekspresi bagi kecintaan akan bahasa dan budaya bagi setiap peserta.

"Seperti lomba pidato, cipta baca puisi, MC, storytelling, speech dan sesorah telah menghadirkan bakat-bakat luar biasa yang memukau," ucap Andi.(26/08/24)

Tidak hanya sekadar kontes, menurutnya, Festival Bulan Bahasa ini juga merangkul perayaan atas kemajuan literasi di sekolah karena peserta tidak hanya menunjukkan kecakapan mereka dalam berbahasa tetapi juga menggambarkan keindahan dan keberagaman budaya melalui penampilan.

Andi mengatakan, acara ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap upaya kolektif dalam memperjuangkan literasi dan keberagaman budaya melalui dukungan semua pihak, baik peserta, panitia, maupun sponsor.

"Kita telah berhasil mempersembahkan acara yang tak terlupakan ini," imbuhnya.

Andi mengaku sangat percaya, semangat dan antusiasme dari festival ini akan terus membara dan menginspirasi generasi selanjutnya untuk terus mencintai dan melestarikan warisan budaya Indonesia.

"Terima kasih kepada semua yang telah turut serta mulai dari peserta hingga para pengisi acara, atas dedikasi dan semangat luar biasa yang telah mereka persembahkan dalam acara ini," ungkapnya.

Ia juga berharap, ke depan bisa lebih baik lagi dan mudah-mudahan di tahun depan bisa memberangkatkan semua peserta untuk mewakili tingkat kecamatan melaju ke tingkat kabupaten dengan hasil prestasi terbaik.

Andi juga mendorong agar anak-anak lebih giat dan lebih berkreasi lagi untuk melakukan inovasi-inovasi agar siswa-siswa atau peserta didik lebih kreatif meningkat lagi bahasa sunda, dan orang sunda harus cinta terhadap bahasanya sendiri.

"Mudah-mudahan kita menang di tingkat kabupaten dan melaju ke tingkat provinsi, kami juga akan mencoba bersinergi atau juga kolaborasi dengan para ahli-ahli tertentu untuk lebih meningkatkan prestasi anak," katanya.

Terpisah, saat diminta komentarnya Ketua K3S  Cikatomas menyampaikan, agar para siswa yang ada di Kecamatan Cikatomas bisa terus tingkatkan prestasi.
(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 7830355224341670614

Posting Komentar

emo-but-icon

item