Saat Launching Sentra Gakkumdu Pilkada 2024 Ketua Bawaslu Pangandaran Sebut, Fokus Awasi Politik Uang

PANGANDARANNEWS.COM –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu launching sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Koordinasi Penanganan Pelanggaran Pidana pada Pemilihan Serentak tahun 2024, bertempat di sebuah hotel di kawasan pantai barat di Pangandaran. (25/09/24).

Pada kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan menyampaikan, sentra Gakkumdu yang di dalamnya ada Bawaslu, kepolisian atau penyidik dan Kejaksaan yaitu penuntut umum merupakan institusi yang akan menangani terkait dugaan pelanggaran pidana pada pelaksanaan Pilkada.

Iwan menegaskan, masyarakat harus mengetahui bahwa proses penanganan pelanggaran dugaan pelanggaran pidana pemilihan yang akan ditangani oleh tim Sentra Gakumdu ini.

"Hal ini penting disampaikan masyarakat," tegas Iwan.

Dan salah satu yang difokuskam dalam Pilkada ini, kata Iwan, dianyatanya money politics atau politik uang. Karena kalau melihat dari hasil survei money politic Indonesia ada di urutan ketiga. 

"Yang pertama Thailand, kedua Filipina kemudian yang ketiga Indonesia,” terang Iwan.

Ia menambahkan, tentu hal ini menjadi PR bersama dan bukan hanya tugas Bawaslu saja dalam pencegahannya karena politik uang ini sangat berbahaya.

Ia juga mengaku khawatir jika politik uang terjadi sehingga calon siapapun yang menang tidak lagi memikirkan masyarakat, dan tidak penutup kemungkinan jadi embrio tindakan korupsi ketika sudah jadi kepala daerah karena terlalu besar biaya politik yang dikeluarkan saat kampanye.

"Kami berharap ini menjadi PR semua bagaimana kita bisa memberantas politik uang ini,” tegasnya. (hiek)


Related

berita 2759435610339697784

Posting Komentar

emo-but-icon

item