Dinas Kehutanan wilayah VI Tasikmalaya Bersama Pemdes Kadipaten Laksanakan Program Jumat Menanam

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Salah satu upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan, Pemerintah Desa Kadipaten kecamatan Kadipaten bekerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan wilayah VI Tasikmalaya, melaksanakan program “Jumat Menanam”, bertempat di blok Sampalan.(11/10/24)

Di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Kadipaten Cecep Agah Nagoya kepada PNews menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sekitar.

"Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut serta dan mendukung program Jumat Menanam dari dinas Kehutanan ini, terutama untuk kelompok tani binaan desa kami yaitu gembel kreatif," ucapnya. 

Cecep mengatakan, Kelompok Gembel Kreatif ini merupakan kelompok tani binaan Desa Kadipaten yang menerima program ketahanan pangan dari anggaran Dana Desa (DD).

Cecep mengaku bersyukur karena kelompok tani saat ini berjalan baik dengan menanam kopi dan jeruk serta diharapkan kegiatan ini dapat menjadi kebiasaan yang berkelanjutan, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk generasi saat ini tetapi juga bagi generasi mendatang.

Selain itu, kata Cecep, pihaknya juga berharap pemerintah kabupaten, provinsi ataupun pusat bisa terus mendorong program ini secara berkesinambungan dengan saling mendukung. 

"Sehingga kesejahteraan masyarakat untuk jangka panjang pun nantinya dapat terlaksana dengan baik," imbuhnya. 

Ditempat yang sama, Penyuluh Kehutanan dari Cabang Dinas Kehutanan wilayah VI Tasikmalaya, Endas mengungkapkan, untuk kegiatan Jumat Menanam yang dilaksanakan di blok Sampalan desa Kadipaten pada hari ini, pihaknya menanam jenis pohon kayu Manglid dan  Jeruk Limo.

Ia bersyukur karena kegiatan ini sudah bejalan bukan hanya kali ini saja namun sudah laksanakan di beberapa blok, sehingga diharapkan adanya kontribusi dari berbagai pihak untuk pengadaan bibit terutama bibit kayu kayuan ataupun mangga.

"Mari kita berkontribusi untuk penghijauan lingkungan sebagaimana yang telah di jelaskan dalam edaran gubernur dalam program Jumat Menanam," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, untuk berkontribusi dalam bibit ini tentunya dalam Surat Edaran (SE) Gubernur juga sudah dijelaskan, diantaranya melaksanakan pernikahan, ulang tahun, lukus sekolah, naik pangkat dan jabatan ataupun dalam memperpanjang pajak kendaraan silahkan berkontribusi dengan bibit tanaman.

Untuk pelaksanaan Jumat Menanam di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, jelas Endas, hari ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Kadipaten, Salawu, Cikatomas, Jatiwaras dan Kecamatan Purabaratu Kota Tasikmalaya, yang merupakan wilayah binaan cabang dinas kehutanan wilayah VI Tasikmalaya.

Ia berharap, dengan Program “Jumat Menanam” ini kedepannya dapat memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat apalagi yang mengelola dan masyarakat terus bisa berkontribusi dengan penanaman untuk kedepannya.

"Karena cuaca saat ini sudah berubah apalagi pada musim kemarau, dengan penanaman bibit tanaman ini dapat berdampak positif pada kehidupan masyarakat," pungkasnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 4664699465859835519

Posting Komentar

emo-but-icon

item